Inovasi Untuk Cianjur Smart City | TKJ Lab

Inovasi Untuk Cianjur Smart City

  Konsep Smart City Konsep smart city mulai diterapkan di sejumlah kota. Secara harfiah, smart city dapat diartikan sebagai “kota ce...

 

Konsep Smart City


Konsep smart city mulai diterapkan di sejumlah kota. Secara harfiah, smart city dapat diartikan sebagai “kota cerdas”. Smart city adalah konsep kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal kegiatan pemerintahan dalam pelayanan masyarakat.
Penerapan konsep ini juga dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat, hingga untuk mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya.
Konsep ini merupakan impian kota-kota di Indonesia karena diyakini bisa menyelesaikan berbagai masalah perkotaan seperti kemacetan, penumpukan sampah, dan keamanan warga kota. Konsep kota cerdas ini mengetengahkan sebuah tatanan kota yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tepat.


Beberapa kota besar di Indonesia yang sudah menerapkan konsep smart city ini antara lain Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Malang. Pemerintah Kota Tangerang juga sedang menerapkan konsep ini.
Di Indonesia, banyak daerah yang salah kaprah dalam memaknai konsep smart city. Banyak di antaranya yang berpikir bahwa smart city hanya bercerita tentang seputar IT, internet, CCTV, dan lainnya. Smart city konteksnya lebih dari itu. Seperti yang ada di Kota Jambi, smart city adalah sebuah konsep yang menciptakan sebuah kota pintar dalam mengatasi berbagai persoalan dan keterbatasan, kota yang membangun kenyamanan bagi masyarakatnya, dan kota yang memanusiakan masyatakatnya.


Inovasi Untuk Cianjur Smart City  


Tantangan


Untuk maju melangkah kedalam penerapan Inovasi Untuk Cianjur Smart City , maka ada beberapa tantangan yang harus dilewati.

1. Kebutuhan Data Governance

Ketika Smart City telah dibangun di Kota tersebut, maka akan banyak data yang terkumpul dari berbagai sistem. Masalahnya, data data tersebut siapakah yang berhak untuk mengaksesnya? Apakah pemerintah kota? Pemilik property? Atau penyedia layanan cloud? Lalu siapakah yang berhak mengamankan data data tersebut? Ini merupakan hal yang penting. Sebaiknya pemerintah harus ikut serta dalam memandu konsep smart City yang dibangun dengan membuat framework tersendiri agar efektif dalam pengolahan data dan governance.

2. Kebutuhan Koneksi

Koneksi/jaringan merupakan hal yang penting untuk membangun Smart City. Seperti teknologinya yaitu Internet of Things. Maka membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk menjadikan Kota pintar. Jadi pemerintah harus ikut berperan dalam melobby para pelaku industri IoT untuk konektivitas broadbrand yang merata dan handal.

3. Kebutuhan Standarisasi

Standarisasi sangat dibutuhkan untuk bisa diterapkan dengan benar di wilayahnya masing masing. Selain itu standarisasi ini berguna untuk memadukan proses serta pengelolaannya. Juga yang terpenting, baik pemerintah maupun masyarakat dapat menikmati smart city secara efektif untuk mendukung segala aktifitas kota menjadi lebih baik lagi. (Medium)

Inovasi Cianjur Smart City hadir untuk mengatasi berbagai masalah masyarakat . Berbagai layanan publik berkualitas, lingkungan hidup dan infrastruktur dapat dipenuhi dengan inovasi. Oleh karena itu, peran kepala daerah harus ada untuk berinovasi, menyelesaikan permasalahan tersebut.
Kunci sukses dalam membangun konsep Smart City adalah komitmen, inovasi dan sustainability. Inovasi yang diciptakan harus sustainable, dalam artian jika kepemimpinan berganti, sistem sudah ajeg dan handal, dan dinamis mampu menyesuaikan perubahan teknologi. Kepala daerah harus punya komitmen dalam membangun smart city, punya konsep dasar yang harus disesuaikan dengan kebutuhan daerahnya, jangan latah mengadopsi namun tidak dibutuhkan.


Smart City Bukan Hanya Membangun Infrastruktur


Smart city itu bukan hanya membangun infrastruktur, tapi konsep penataan sistem. Sedangkan infrastruktur itu sebagai pendukung. Sukses atau tidaknya penerapan smart city sangat tergantung dari pemimpin yang memiliki visi untuk mengubah tata kelola pemerintah dari manual menuju electronic bases yang juga berpengaruh pada perubahan budaya dan cara kerja sebuah pemerintahan dalam memberikan pelayanan publik.
Dalam upaya penerapan konsep smart city di Kabupaten Cianjur perlu memperhatikan karakteristik wilayah, tidak serta-merta langsung copy-paste konsep internasional, karena hal ini belum tentu sesuai dan bisa diterapkan di Kabupaten Cianjur
Smart city itu harus sesuai dengan karakter, kultur, suasana kebatinan, dan kearifan lokal di Kabupaten Cianjur.

COMMENTS

Name

Android,1,apaajadeh,1,Blogging,2,Hacking,2,Hardware,1,how to,15,Linux,10,Mikrotik,3,Networking,17,News,3,OpenSource,5,OS,3,Php,1,Problem Solving,1,Security,3,Sekolah,2,Server,1,Technology,3,Video,2,Virus,1,Windows,5,
ltr
item
TKJ Lab: Inovasi Untuk Cianjur Smart City
Inovasi Untuk Cianjur Smart City
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEinWkTCOd0LJ2FFWGpr3sJfXpws6fDRRVTCi7nbPC3ZtbLWK_TkJ53KokNH4J7OoKw_L0KYy9TSgoFTMJ9O_k8MXeZ1rxy36gDIKZTd3p2mByG-kbo6HVTBMKL1JKSPMuNf3e41S0l5KDMt/s640/adobe-spark-post.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEinWkTCOd0LJ2FFWGpr3sJfXpws6fDRRVTCi7nbPC3ZtbLWK_TkJ53KokNH4J7OoKw_L0KYy9TSgoFTMJ9O_k8MXeZ1rxy36gDIKZTd3p2mByG-kbo6HVTBMKL1JKSPMuNf3e41S0l5KDMt/s72-c/adobe-spark-post.png
TKJ Lab
http://tkjlab.blogspot.com/2018/11/inovasi-untuk-cianjur-smart-city.html
http://tkjlab.blogspot.com/
http://tkjlab.blogspot.com/
http://tkjlab.blogspot.com/2018/11/inovasi-untuk-cianjur-smart-city.html
true
3452164558541165455
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy